Petinggi PDAM, Camat, Lurah dan Guru di Ternate Foto Bareng Paslon

Editor: alafanews.com author photo

Ternate, Pasangan calon kepala daerah masing-masing telah mendapatkan nomor urut untuk Pilkada Kota Ternate 2024. Tepat hari rabu kemarin masa kampanye Pilkada dimulai.

PKPU Nomor 2 Tahun 2024, tahapan dan jadwal pelaksanaan kampanye Pilkada 2024 adalah mulai tanggal 25 September 2024 dan berakhir pada tanggal 23 November 2024. 

Selama tahapan Pilkada 2024, ASN diharuskan untuk menjaga Netralitasnya sebagai Abdi Negara. Bahkan dilarang melakukan tindakan keberpihakan kepada calon peserta Pemilu.

Mirisnya, sejumlah ASN di Kota Ternate kepergok foto bareng pasangan calon (Paslon) Tauhid Soleman-Nasri Abubakar. 

Diketahui, ada Direktur Teknik PDAM Maslan Deis, Camat Ternate Utara Sunarto M. Taher, Lurah Sangaji Sukardi, dan oknum guru di SD Inpres Siko.

Mereka diduga berfoto pada acara penutupan bola voli di Kelurahan Toloko Sangaji Utara, Kecamatan Kota Ternate Utara. Foto itu diambil pada, Rabu (25/9) kemarin, atau tepatnya kampanye Pilkada dimulai.

Dugaan pelanggaran Netralitas ASN yang dilakukan sejumlah ASN ini, menuai sorotan dari KNPI Kota Ternate. KNPI mendesak Bawaslu Kota Ternate untuk segera telusuri dan panggil oknum-oknum ASN tersebut.

"Bawaslu harus panggil dan segera telusuri karena ini dugaan pelanggaran netralitas ASN," pintah Sahmar, Ketua KNPI Kota Ternate.

Camat Ternate Utara Sunarto M. Taher menerangkan, foto bersama Paslon Tauhid Soleman-Nasri Abubakar atas izin Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), Kecamatan Kota Ternate Utara.

"Semua atas izin dari Panwascam karena diundang sebagai camat, lurah selaku tuan rumah dan beberapa ASN (diundang selaku tokoh masyarakat setempat," kata dia saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp, Kamis (26/9/2024).

Alafanews memintanya untuk menyebut siapa oknum Panwascam Ternate Utara, yang memberikan izin untuk foto bersama Paslon. Kata dia, Ketua Panwascam Ternate Utara. "Ketua Panwas Utara. Konfirmasi pe dorang (mereka) saja. Saya taramau komentar nanti salah lagi," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Ternate Utara Julfajri H. Soleman menjelaskan, pihaknya memberikan izin kepada Camat Ternate Utara, Sunarto M. Taher untuk menghadiri kegiatan tersebut. Kata dia, pihaknya menerima undangan kegiatan itu pada saat Tauhid Soleman masih menjabat sebagai Walikota Ternate.

"Jadi, undangan itu disampaikan ke kami bahwa yang menutup acara bola voli di Toloko Sangaji Utara, yaitu Pak Walikota, tapi acaranya baru dilaksanakan kemarin. Itu kan tergantung panitia, terkait Camat, memang kami ijinkan untuk hadir karena kapasitasnya sebagai Camat, Tapi kami minta untuk tidak membuat gerakan-gerakan tambahan. Jadi kalau beliau foto dengan paslon itu kami tidak pernah perintah," jelasnya. (*)
























Share:
Komentar

Berita Terkini